Kamis, September 28, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaDaerahKPUD Kabupaten Garut Bersama Institut Teknologi Garut Melaksanakan Sosialisasi Pemilu dan Data...

KPUD Kabupaten Garut Bersama Institut Teknologi Garut Melaksanakan Sosialisasi Pemilu dan Data Pemilih 2024

Garut, WartaPemilu – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut bersama Mahasiswa KKN Institut Teknologi Garut melaksanakan Sosialisasi Pemilu dan Data Pemilih 2024, di Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja Garut, pada Selasa (16/8/2022).

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Garut, Nuni Nurbayani, M.Pd.I., dan Ketua Divisi Data dan Informasi Ujang Muttaqin, S.Pd.I.

Pada kesempatan tersebut Nuni menyampaikan mengenai pentingnya memilih demi mencapai tujuan Pemilu sebagaimana termaktub dalam Undang-undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017 salah satunya yaitu untuk mewujudkan ketatanegaraan demokratis.

“Memilih pada Pemilihan Umum ini sangat penting. Dengan memilih akan menentukan nasib bangsa pada lima tahun kedepan,” kata Nuni.

Nuni menjelaskan, Segala kebijakan seperti kebijakan mahal atau murahnya pendidikan, ekonomi, kebijakan pengelolaan sampah, kesehatan dan lain-lain, itu tergantung kebijakan politik yang diambil pemimpin terpilih.

“Maka perlu dilakukan pendidikan pemilih agar masyarakat menjadi pemilih cerdas yang akan menentukan pilihannya secara rasional pada Pemilu mendatang,” terang Nuni.

Menurut Nuni, Pemilu merupakan ciri fundamental negara demokratis.

“Tentunya Pemilu yang berdasarkan prinsip dan azas Pemilu-lah yang akan dapat mewujudkan Ketatanegaraan yang demokratis sebagaimana tujuan Pemilu dalam Undang-undang 7 tahun 2017,” lanjut Nuni.

Sementara itu Ujang Muttaqin menyampaikan terkait pentingnya data pemilih dalam Pemilu.

“Data pemilih merupakan hal yang krusial dalam Pemilu. Karena pemilih adalah subjek dalam Pemilu itu sendiri. KPU melaksanakan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan agar semua warga negara dapat terpenuhi haknya untuk menyalurkan aspirasi dalam Pemilu,” jelas Ujang Muttaqin.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan simulasi cek data pemilih di aplikasi Lindungi Hakmu mobile.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments