Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaKPUJajaran KPU Pusat Dapat Penjelasan Terkait Aplikasi Folio Digital Platform

Jajaran KPU Pusat Dapat Penjelasan Terkait Aplikasi Folio Digital Platform

Jakarta, WartaPemilu Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Betty Epsilon Idroos didampingi Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Andre Putra Hermawan dan Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu Melgia Carolina Van Harling, menerima audiensi PT Eltran Indonesia, yang dipimpin Direktur Utama Dewayana Agung Nugroho, Selasa (6/9/2022).

Kunjungan ini dalam rangka mengenalkan aplikasi milik PT Eltran Indonesia “Folio Digital Platform” yang diklaim mampu membantu kerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Atas paparan yang disampaikan, Betty mengucapkan terima kasih, terutama untuk atensi yang disampaikan PT Eltran Indonesia untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Meski begitu dirinya mengaku akan membahas lebih lanjut dengan Ketua dan Anggota KPU serta jajaran pejabat Setjen KPU terkait aplikasi ini.

Diluar itu dia mengingatkan pentingnya sisi security (keamanan) dari setiap sistem informasi, mengingat kerja penyelenggara yang dilihat banyak pihak.

“Ada beberapa hal yang saya catat dari pertemuan kita ini, dan catatan soal security itu juga jadi yang perlu terus menerus kami perbaiki,” ungkap Betty.

Lebih lanjut, Betty menjelaskan bahwa persoalan KPU tidak hanya saat pemungutan suara tetapi juga lebih kepada rekapitulasi hasil pemungutan suara yang diharapkan dapat ditekan seminimal mungkin kesalahannya atau margin of error-nya.

“Persoalan kita lebih kepada rekap, rekapitulasi berjenjang dari atas sampai ke bawah, negara-negara lain itu belajar ke kita karena opennes di hari pemungutan suara, semuanya bisa dilihat hasilnya langsung,” ujar Betty.

Sebelumnya Dewayana Agung Nugroho memperkenalkan aplikasi Folio Digital Platform yang dapat membantu KPPS, terutama dalam mempercepat kerja di TPS.

“Kalau kita lihat pemilu kemarin ada kecapekan (kelelahan), dengan kita mencoba sistem kami ini bisa membantu pekerjaan teman-teman KPPS,” kata Dewayana.

General Manager (GM) Operasional, Husnan Arofat menambahkan, kelebihan Folio dapat membantu mendaftar pemilih, absensi petugas KPPS, juga mengidentifikasi peserta pemilu. Selain itu dapat menjadi alat komunikasi para petugas, dokumentasi kegiatan, penyimpanan dokumen hingga audit jaminan keamanan.

“Ini bisa ditawarkan solusi (melalui) Folio,” kata Husnan.(*)

BACA juga berita menarik lainnya KLIK disini

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments