Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaBawasluBawaslu Analisis Beban Kerja Tingkat Bawah untuk Perkuat Pengawasan Pemilu Serentak 2024

Bawaslu Analisis Beban Kerja Tingkat Bawah untuk Perkuat Pengawasan Pemilu Serentak 2024

Tangerang, WartaPemilu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terus berupaya memperkuat pengawasan Pemilu Serentak 2024.

Anggota Bawaslu Herwyn J.H. Malonda mengatakan, Upata tersebut salah satunya dengan melalukan analisis beban kerja Bawaslu kabupaten/kota dan pengawas Adhoc.

“Analisis tersebut merupakan langkah awal Bawaslu melaksanakan pengawasan Pemilu Serentak 2024,” kata Herwyn dalam Focus Group Discussion (FGD) Desain Kelembagaan dan Analisis Beban Kerja Pengawas Bawaslu Kabupaten/Kota dan Pengawas Adhoc di Tangerang. Jumat (9/9/2022) malam.

Herwyn menerangkan beban kerja di Bawaslu kabupaten/kota dan pengawas Adhoc, antaralain:

Pertama, Pengawas Kecamatan (Panwascam) harus melakukan bembinaan di jajaran Panwas kelurahan dan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Tetapi dibawah supervisi oleh Bawaslu kabupaten/kota dikarenakan pengganggarannya ada di Bawaslu kabupaten/kota,” terangnya.

Kedua, menyempurnakan hasil pengawasan dari tugas ajudikasi di Bawaslu Kabupaten/Kota.

“Kita harus menonjolkan dan menampilkan hasil pengawasan di sidang-sidang ajudikasi,” ujarnya.

Ketiga, kata Herwyn, mengenai syarat administrasi seleksi Panwascam ada dua hal, yaitu syarat minimal usia dan syarat minimal pendidikan.

Herwyn berharap berdasarkan beban kerja yang ada, dapat di diskusikan perhitungan untuk jumlah pengawas baik ditingkat permanen Bawaslu Kabupaten/Kota dan ditingkat Pengawas Adhoc.

“Hasil pleno seleksi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panswacam) akan dilaksanakan pada tanggal 10 September 2022,” tutupnya.(*)

BACA juga berita menarik lainnya KLIK disini

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments