Jumat, April 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaDaerahSeruan Moral 32 Perguruan Tinggi Yogyakarta 'Pemilu Berkualitas dan Demokrasi Bermartabat'

Seruan Moral 32 Perguruan Tinggi Yogyakarta ‘Pemilu Berkualitas dan Demokrasi Bermartabat’

Yogyakarta, WartaPemiluSebanyak 32 rektor atau pimpinan perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Yogyakarta menyampaikan seruan moral tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dan demokrasi, di Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM), pada Sabtu (17/9/2022) sore.

Seruan Moral bertajuk ‘Pemilu Berkualitas dan Demokrasi Bermartabat’ itu dibacakan oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.,Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., didampingi oleh seluruh rektor yang hadir.

“Demokrasi yang bermartabat, salah satunya, ditandai dengan pelaksanaan pemilu yang berkualitas. Pemilu sebagai mandat reformasi menjadi pintu masuk pergantian dan keberlanjutan kepemimpinan dengan legitimasi moral dan sosial yang tinggi untuk kemaslahatan bangsa,” ucap Ova.

Ia mengungkapkan, Bangsa Indonesia harus bersyukur atas banyak perkembangan baik yang diraih di usia ke-77, meski tidak menutup mata bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang menunggu diselesaikan.

Semua hal ini, lanjutnya, merupakan hasil kerja kolektif dan kumulatif para pendiri bangsa, pemimpin, dan rakyatnya. Pengawalan demokrasi yang bermartabat merupakan salah satu ekspresi rasa syukur tersebut, untuk mewujudkan cita-cita sebagai bangsa yang berdaulat.

Pemilu dimata para pimpinan perguruan tinggi ini merupakan aktualisasi nilai, perjuangan kebangsaan, dan pembangunan konsensus demokrasi yang mulia.

“Jika Pemilu berlangsung dengan baik dan berkualitas, maka Indonesia akan menjadi contoh negara besar yang mampu berdemokrasi secara dewasa,” terang Ova.

Seruan moral ini berisi 10 poin yang menjadi perhatian para rektor, yang dalam beberapa pekan terakhir menjadi fokus diskusi dan kajian terbatas.

Melalui seruan ini, Pertama, kampus mengajak komponen bangsa menjadikan Pemilu sebagai media pendidikan politik, guna pembangunan moral bangsa yang lebih mengedepankan nilai kejujuran, keteladanan, dan keadaban kontestasi dalam sistem demokrasi, dan menghindari persaingan politik kotor demi kekuasaan semata.

Kedua, menyerukan seluruh komponen bangsa untuk menjamin pemilu berjalan secara partisipatif bagi seluruh bangsa Indonesia dan tidak dimonopoli oleh segelintir elit kelompok oligarki yang mengabaikan kepentingan publik.

Ketiga, mengajak seluruh komponen bangsa untuk menghindari politik biaya tinggi, mencegah politik uang, dan menolak nepotisme yang kian mendangkalkan makna pemilu.

Keempat, mengajak seluruh komponen bangsa untuk menghindari jebakan penyalahgunaan identitas dengan politisasi agama, etnis, dan ras, yang berpotensi menimbulkan konflik dan kekerasan tidak berkesudahan yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Kelima, mendesak para elit politik, penguasa ekonomi, partai politik, dan penyelenggara pemilu untuk memberikan keteladanan, berintegritas, dan bermartabat dalam berdemokrasi sesuai konstitusi.

Keenam, mendorong seluruh komponen bangsa menjadi warga merdeka yang tidak mudah terpengaruh hasutan, hoaks, dan ujaran kebencian, atau berbagai upaya lain yang menciptakan perpecahan dan pembelahan sosial yang sering terjadi dan berdampak buruk pada masyarakat.

Seruan ketujuh, menuntut partai politik untuk menjamin akuntabilitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta memastikan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat.

Kedelapan, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan kritis dalam penyelenggaraan bernegara dan bermasyarakat sebagai bentuk kualitas kewarganegaraan.

Kesembilan, mengajak semua komponen bangsa untuk tidak menggunakan kebebasan demokrasi secara manipulatif yang justru mencederai hak-hak orang lain atau melanggar konstitusi.

Kesepuluh, mengajak seluruh civitas academica, masyarakat sipil, dan media massa berperan aktif untuk melakukan edukasi publik guna meningkatkan literasi demokrasi dan kebangsaan, serta mengawasi jalannya kekuasaan.

“Kami para rektor mendesak para elite politik, penguasa ekonomi, partai politik, dan penyelenggara Pemilu untuk memberikan keteladanan, berintegritas, dan bermartabat dalam berdemokrasi sesuai konstitusi,” ujar Ova.

Sementara itu, Rektor Universitas Widya Mataram, Prof Edy Suandi Hamid berharap, seruan ini menghapus kritik, bahwa kampus adalah menara gading yang seolah lepas dari berbagai persoalan bangsa.

“Dalam konteks ini, karena proses Pemilu adalah mencari pemimpin, dengan seruan ini kita mengingatkan semua elemen bangsa termasuk partai politik, melakukan rekrutmen yang betul-betul baik, untuk mencari pemimpin bangsa ini. Mencari pemimpin yang kompeten, berintegritas dan memiliki komitmen untuk memecahkan persoalan-persoalan besar bangsa ini,” ujarnya.

Pada kesempatannya, Rektor Universitas Sanata Dharma, Albertus Bagus Laksana, Ph.D meyakini, bahwa kampus harus terlibat dalam dinamika untuk kebaikan publik.

“Dan kami sadar, bahwa momen Pemilu dan momen demokratis sebagai perjalanan kita sebagai bangsa, memerlukan peran universitas ini,” ujar Bagus.

Secara global kampus berperan dalam peradaban bangsa-bangsa tidak hanya refleksi intelektual akademis, kata Bagus, tetapi juga bergandengan tangan dengan kekuatan publik, untuk membangun demokrasi dan kesejahteraan umum. Bagus juga memastikan, bahwa mahasiswa di kampus-kampus akan ikut terlibat dalam seruan ini.

“Kami juga ingin memberi kontribusi yang khas di dalam kampus, dalam hubungannya dengan perkara demokrasi, pemilu yang lebih berkualitas, dan membangun keadaban bangsa ini,” tegas Bagus.

Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Prof M Irhas Efendi, mengingatkan, bahwa di masa lalu ekses keterbelahan masih terasa sampai saat ini.

“Apapun aspirasinya, apapun pilihan politiknya di pemilu nanti, kita tetap harus menjaga rasa persatuan kita. Ekses pemilu yang sudah terjadi, di pilgub, di pilpres tidak bisa dihindari. Kita mesti tetap kukuh, mencintai tanah air bersama-sama. Kita harus tetap setia pada Pancasila sebagai ideologi negara,” kata Irhas.

Dalam Seruan Moral ini dari kalangan perguruan tinggi negeri, selain Rektor UGM hadir pula Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dan Rektor Universitas Pembangunan (UPN) Veteran.

Dari kalangan perguruan tinggi swasta, hadir Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Rektor Universitas Sanata Dharma (USD), Rektor Universitas Widya Mataram (UWM), dan lain-lain.

Suara pimpinan kampus ini diharapkan didengar partai menjelang kesibukan mereka di tahun politik.(*)

BACA juga berita menarik lainnya KLIK disini

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments