Kamis, April 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaWartaKolaborasi KPK, MK dan MPR RI Bersama UNTAN Sukses Gelar Festival Konstitusi...

Kolaborasi KPK, MK dan MPR RI Bersama UNTAN Sukses Gelar Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2022

Pontianak, WartaPemilu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Mahkamah Konstitusi (MK) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berkolaborasi Universitas Tanjungpura (UNTAN) sukses menggelar Talkshow bertajuk “Pulih dan Kuat Bersama, Berdasar Pancasila, Konstitusi, dan Semangat Antikorupsi”.

Talkshow diikuti lebih dari seribu mahasiswa-mahasiswi kampus ini merupakan acara puncak dari rangkaian Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2022, yang diselenggarakan di kampus UNTAN Pontianak, Jumat s.d Sabtu (11-12/11/2022).

Hadir sebagai Narasumber Ketua MK Prof. Dr. Anwar Usman, S.H., M.H; Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Jazilul Fawaid, S.Q., M.A; Wakil Ketua KPK Dr. Johanis Tanak S.H., M.Hum; Rektor UNTAN Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si.

Dalam sambutannya, Anwar Usman menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya mensosialisasikan konstitusi dan mencegah korupsi yang tidak boleh terputus.

“Upaya ini tidak boleh berhenti agar suatu saat Indonesia terbebas dari korupsi. Maka dari itu MK, MPR, KPK dengan menggandeng Universitas Tanjungpura bekerja sama melaksanakan kegiatan ini,” kata Anwar.

Jazilul Fawaid pun mengatakan Indonesia akan menjadi negara yang besar jika memiliki pondasi yang kuat.

“Kolaborasi melalui kegiatan seperti ini sebagai salah satu media membumikan pondasi bangsa dan memberantas korupsi. Terlebih Indonesia kini menjadi salah satu negara di dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat”, ujar Jazilul.

Dalam kesempatan ini, Johanis Tanak menuturkan pentingnya membangun budaya antikorupsi.

“Harapannya agar generasi penerus bangsa menjadi pribadi yang unggul, cerdas, inovatif, dan tentunya berintegritas. Sehingga bisa memberikan sumbangsih yang optimal bagi masyarakat, bangsa, dan Negara,” tutur Tanak.

Kemudian dalam penyampaiannya Garuda Wiko mengatakan nasionalisme dan integritas mahasiswa berada di barisan paling depan dengan terus meningkatkan intelektualitasnya.

“Moral force harus kita lengkapi dengan intelektual force supaya argumentasinya baik, tepat, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk mengubah kebijakan. Kta tentu ingin pengembangan peradaban yang berbasis pada Integritas,” pesan Garuda.

Selain itu hadir memberi sambutan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, S.H., M.Hum. menyambut baik gelaran ini.

Sutarmidji mengatakan dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan daerah saat ini dihadapkan adanya beberapa regulasi yang belum secara detil diatur.

Selain itu, perlunya kecepatan pengesahan aturan dan penggunaan satu data untuk menghindari terjadinya korupsi.

“Ruang-ruang ini yang harus kita perhatikan sehingga adanya lembaga-lembaga ini betul-betul berperan,” harap Sutarmidji.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, S.E., M.H. memberikan orasi konstitusi sekaligus menerima Anugerah Kota Konstitusi.

Singkawang menjadi salah satu kota di Indonesia yang dikenal dengan kerukunan dan toleransi yang tinggi dari keberagaman masyarakatnya.

Festival yang berlangsung selama dua hari ini, menggelar berbagai aktivitas yang melibatkan para sivitas akademika kampus, pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta masyarakat umum lainnya.

Festival dikemas dalam berbagai kegiatan seru dan menarik diantaranya; diskusi kelompok terpumpun; talkshow Gen Z; bincang sore bersama para Juru Bicara lembaga, pentas seni, bazar, serta pameran.

Untuk diketahui, Festival ini merupakan gelaran kelima yang sebelumnya, festival diselenggarakan di Universitas Hasanuddin pada 2016; Universitas Indonesia pada 2017; Universitas Sumatera Utara pada 2018; dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada 2019.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments