Selasa, April 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaNasionalAngkat Kewibaan DPR, Masinton Pasaribu Raih MKD Award 2022

Angkat Kewibaan DPR, Masinton Pasaribu Raih MKD Award 2022

Jakarta, WartaPemilu – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) melaksanakan penilaian atas keaktifan dan kehadiran para anggota DPR selama rapat maupun agenda-agenda lainnya.

Berdasarkan hasil pemantauan yang telah dilakukan MKD sepanjang tahun 2022, penilaian ini telah disepakati dalam rapat intern MKD pada tanggal 7 Desember 2022.

Atas penilaian tersebut MKD memberikan award kepada sejumlah anggota DPR RI atas kinerja baik sepanjang tahun 2022.

Salah satunya, Masinton Pasaribu, SH., Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan menerima penghargaan MKD Award 2022 sebagai Pejuang Etika yang Berkontribusi Positif Bagi Peningkatan Citra dan Wibawa Kelembagaan DPR RI.

Penyerahan MKD Award berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (12/12/2022) mulai pukul 10.00 WIB.

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI,” ungkapan Masinton melalui akun Fbnya.

Berikut Profil Masinton Pasaribu

Masinton Pasaribu merupakan politikus PDI Perjuangan yang kini duduk sebagai anggota Komisi III DPR RI, membawahi bidang hukum, hak asasi manusia (HAM), dan keamanan. Masinton bukan orang baru di DPR.

Masinton mulai menjabat sebagai Anggota DPR RI pada periode 2014-2019, dia lantas terpilih kembali sebagai wakil rakyat untuk periode 2019-2024. Masinton Pasaribu merupakan anggota DPR RI dari PDI Perjuangan. Masinton merupakan salah satu pengusul revisi UU No. 30 tahun 2002 tentang KPK.

Masinton lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 11 Februari 1971. Semasa kecil, Masinton banyak menghabiskan waktunya di kampung halaman. Ia menempuh pendidikan sekolah dasar di Medan, lantas SMP di Kabupaten Deli Serdang, dan melanjutkan pendidikan SMA di Medan.

Masinton memperoleh gelar sarjana hukum dari Sekolah Tinggi Hukum Indonesia (STHI). Pendidikan S1 ia tempuh selama 7 tahun yakni 1996-2003.

Saat masih duduk di bangku kuliah, Masinton aktif di berbagai organisasi seperti senat mahasiswa. Lalu, tahun 1998-2000 ia bergabung dengan Front Aksi Mahasiswa Reformasi dan Demokrasi (Frame).

Semasa berstatus mahasiswa, Masinton aktif dalam organisasi yang menentang Orde Baru dan ikut serta dalam unjuk rasa 1998 yang kemudian berujung pada kejatuhan Soeharto.

Selama 2000-2003, Masinton menjadi Ketua Front Perjuangan Pemuda Indonesia, sebuah organisasi kepemudaan.

Pada 2004, Masinton Pasaribu bergabung dengan PDI Perjuangan, bersama dengan 50 penggiat lain, Disana, ia menjadi salah satu pendiri dan menjabat sebagai ketua REPDEM (Relawan Perjuangan Demokrasi), yang menjadi salah satu sayap PDI Perjuangan.

Selama aktif di Repdem, Masinton menjabat sebagai ketua umum Repdem periode 2011-2016.(*)

Berita telah tayang di Kabariku.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments