Selasa, April 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaPolitikSiap Maju Pilwako Palembang 2024. Ini Sosok Yulian Gunhar Ketua DPC PDI...

Siap Maju Pilwako Palembang 2024. Ini Sosok Yulian Gunhar Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Palembang

Jakarta, WartaPemilu – Pemilihan umum Wali Kota Palembang 2024 (Pilkada Kota Palembang 2024) dilaksanakan pada 27 November 2024 untuk memilih Wali Kota Palembang periode 2024-2029.

Suhu kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota atau Pilwako Palembang 2024  mulai memanas turun naik dengan kemunculan nama-nama bakal calon.

Ketua DPC PDI Perjuangan kota Palembang H. Yulian Gunhar, S.H., M.H., menyatakan, siap maju Pilwako 2024 mendatang. Diakuinya, siap berkontestasi di Pilkada Palembang menunggu arahan dan perintah (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Dimana salah satu pekerjaan awalnya kembali merebut kemenangan di Pemilu Legislatif (Pileg).

“Target kita di DPRD Palembang 12 kursi dari 6 dapil (Daerah Pemilihan), kalau Pilkada (Palembang) kita selaku petugas partai, nunggu arahan dan perintah dari ibu Ketum, Megawati,” kata Yulian Gunhar, dikutip Senin (6/3/2023).

Yulian Gunhar yang saat ini duduk di DPR RI, Pileg dan Pilpres sangat penting baginya, karena hasil Pileg 14 Februari 2024 menentukan jumlah kursi yang didapat sebagai syarat untuk mengusung kepala daerah pada November 2024 mendatang.

“Ini juga, pastinya ada irisan dari hasil Pileg 24, sehingga selaku kader partai apapun yang diperintahkan kita siap, ” tegasnya.

Diungkapkan mantan Ketua DPC PDI Perjuangan OI ini, target 12 kursi DPRD Palembang itu tidak muluk- muluk, sehingga pihaknya ingin merebut kursi Ketua DPRD Palembang kembali.

“Soal Dapil mana yang potensi pastinya, ada yang 1, 2 dan 3 kursi, namun itu rahasia kalau dikasih tahu bocor. Tapi yang pasti, PDI Perjuangan menang, dan bisa merebut kembali Ketua DPRD Palembang, ” tegasnya.

Gunhar yang merupakan adik kandung dari mantan Bupati Ogan Ilir yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel HM Ilyas Panji Alam yang tak menampik jika dirinya harus terlebih dahulu fokus menyukseskan Pileg ini tetap menyatakan siap menerima perintah partai.

“Tentu ini juga ada irisannya dengan hasil Pemilu legislatif 2024. Sebagai kader partai, apapun yang diperintahkan, kita siap,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas, SE., MM., usai mendampingi Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani pada rapat internal partai di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel, Palembang, menyampaikan dukungannya untuk kadernya maju pada pencalonan Pilwako Palembang setelah melihat hasil Pemilu Legislatif 2024

“Kalau Palembang kita lihat Pak Gunhar ini, kalau Pak Gunhar siap, kursinya cukup, kita maju. Kalau gak Pak Gunhar ke DPR RI dulu. Tapi intinya apapun yang terjadi PDI Perjuangan tergantung hasil Pemilu 2024. Dan kemudian Pemilu 2024 jelang Pilkada kader-kader PDI Perjuangan itu kita utamakan untuk bisa menempatkan di Pilkada 2024 nanti,” ungkap Giri pada Jumat (3/3/2023) malam.

Sosok Yulian Gunhar

Yulian Gunhar politikus Indonesia kelahiran Palembang 6 Juli 1973 adalah politikus Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPR RI selama dua periode. Menjadi anggota Fraksi PDI Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia sejak 2014 hingga sekarang duduk di Komisi VII.

Diawal berkiprah di Gedung Senayan, Yulian Gunhar, semakin dikenal publik karena aksinya naik ke podium pimpinan sidang DPR pada Rabu malam, 2 Oktober 2014. Yulian nekat naik podium karena interupsinya tak didengar pimpinan sidang, Popong Otje Djundjungan. Sebelumnya menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004-2009, dan 2009-2014

Gunhar menamatkan SD 82 Palembang, SMP Gajah Mada, SMAN 3 Palembang, S1 Fakultas Hukum Universitas Lampung, Magister Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang.

Gunhar yang pernah menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Ogan Ilir, kini menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Palembang mentargetkan merebut kembali kursi Ketua DPRD Kota Palembang pada Pileg 2024 nanti.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments