Kamis, November 30, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaPilpresIni Capres-Cawapres Terlama Dibicarakan Warganet Sepanjang Triwulan Pertama 2023

Ini Capres-Cawapres Terlama Dibicarakan Warganet Sepanjang Triwulan Pertama 2023

Jakarta, WartaPemilu – Prabowo Subianto menjadi kandidat presiden yang paling lama dibicarakan warganet di Twitter sepanjang Januari-Maret 2023. Sementara pada kategori kandidat wakil presiden dan partai politik muncul nama Muhaimin Iskandar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketiga nama ini muncul karena memiliki waktu trending topic paling lama.

Riset terbaru Respublica Institute mencatat Prabowo Subianto sebagai tokoh yang paling lama dibicarakan warganet. Selama Januari-Maret 2023, sosok Menteri Pertahanan ini tercatat menjadi trending topic selama 1099,5 jam atau 82 %.

Pencapaian ini jauh meninggalkan nama-nama lain. Mulai dari Muhaimin Iskandar (115 jam), Erick Thohir (65,5 jam), Ganjar Pranowo (53 jam), Ridwan Kamil (5 jam), Tuan Guru Bajang (4 jam), Puan Maharani (2 jam), dan Anies Baswedan (1 jam).

“Prabowo menjadi calon presiden yang paling lama dibicarakan warganet karena didukung oleh 1 tagar 77 kata kunci. Setidaknya ada tiga kata kunci yang selalu muncul dan menghasilkan waktu trending topic yang panjang dalam rentang Januari-Maret 2023, yaitu ‘prabowo subianto’, ‘Indonesia Terus Maju’, dan “Mending Prabowo”, kata peneliti Respublica Institute, Teguh V. Andrew di Jakarta, Kamis (13/4).

Kata kunci pertama adalah ‘prabowo subianto’ dengan waktu trending topic mencapai 128 jam dan volume percakapan 77.750 twit. Kata kunci kedua ‘Indonesia Terus Maju’ menghasilkan waktu trending topic selama 79,5 jam dan kata kunci ketiga “Mending Prabowo” yang menghasilkan 67 jam waktu trending topic. Kedua kata kunci ini memiliki volume percakapan di bawah 10.000 twit.

Selain itu, satu-satunya tagar yang muncul adalah #AntekAsing, terkait dengan isi pidato Prabowo yang kerap mengkritik penguasa yang membela kepentingan asing. Tagar ini memiliki waktu trending topic mencapai 12,5 jam.

Riset terbaru Respublica Institute juga mencatat Muhaimin Iskandar muncul sebagai sosok kandidat wakil presiden yang paling lama dibicarakan oleh warganet. Muhaimin Iskandar unggul (62 %) atas sejumlah kandidat wakil presiden, seperti Erick Thohir (32 %), Ridwan Kamil (1 %), dan Tuan Guru Bajang (1 %).

Muhaimin Iskandar menjadi sosok kandidat wakil presiden yang paling lama dibicarakan warganet dengan waktu trending topic selama 115 jam. Cak Imin, begitu sapaan akrabnya, juga menghasilkan volume percakapan yang besar 410.525 twit selama periode Januari-Maret 2023. Ia menjadi sosok yang terpopuler dibicarakan oleh warganet.

Selama tiga bulan terakhir, setidaknya terdapat 5 tagar dan 2 kata kunci yang menyokong percakapan warganet tentang Muhaimin Iskandar. ‘Gus Muhaimin Iskandar’ yang muncul pada Januari 2023 menjadi kata kunci dengan waktu trending topic terlama, yaitu 34,5 jam. Kata kunci ini juga menjadi yang terpopuler digunakan oleh warganet karena menghasilkan 120.281 twit

Selain itu, terdapat pula tagar #GusMuhaimin yang menghasilkan waktu trending topic selama 21 jam. Tagar yang muncul pada Januari dan Maret 2023 ini juga menghasilkan volume percakapan yang besar. Riset Respublica Institute menemukan terdapat 109.844 twit percakapan warganet yang menggunakan tagar #GusMuhaimin.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga tercatat sebagai partai politik yang paling lama dipercakapkan oleh warganet sepanjang Januari-Maret 2023. PKB menghasilkan 517 jam waktu trending topic, mengungguli sejumlah partai politik lain, seperti Perindo (11 jam), PDI-P (35 jam), Gerindra (17 jam), dan Partai Buruh (14 jam).

Percakapan tentang PKB mendapat dukungan dari 4 tagar dan 21 kata kunci. Paling tidak terdapat 1 kata kunci dan tagar yang duduk di peringkat teratas dan sama-sama muncul pada Januari 2023. ‘PARTAI KEBANGKITAN BANGSA’ menjadi kata kunci dengan waktu trending topic terlama, yaitu 34,5 jam. Adapun volume percakapan yang dihasilkan kata kunci ini mencapai 35.590 twit.

“Tagar #PKBTolakImporBeras menghasilkan waktu trending topic mencapai 19 jam. Selama rentang waktu itu, terdapat 78.784 twit percakapan yang menjadikan tagar ini paling populer dibanding tagar dan kata kunci yang lain”, pungkas Teguh.

Riset Respublica Institute bertajuk Capres-Cawapres dan Partai Politik yang Paling Lama Dibicarakan Warganet sepanjang Januari-Maret 2023 menggunakan 62 tagar dan 113 kata kunci. Tagar dan kata kunci ini muncul pada periode 1 Januari-31 Maret 2023 di Twitter.

Seluruh data terkait tagar dan kata kunci diakses dari laman twitter-trending.com. Observasi manual terhadap tagar dan kata kunci ini dilakukan secara harian dan dikaji menggunakan melalui teknik konten analisis. (*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments