Rabu, April 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaNasionalResmi, Megawati Tetapkan Ganjar Pranowo Capres 2024 dari PDI Perjuangan

Resmi, Megawati Tetapkan Ganjar Pranowo Capres 2024 dari PDI Perjuangan

Bogor, WartaPemilu – PDI Perjuangan (PDIP) resmi mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden (Capres) dalam Pemilu 2024.

Pengumuman disampaikan setelah PDI Perjuangan mengadakan Rapat DPP yang ke-140 dan diperluas dengan agenda utama untuk mengumumkan calon Presiden dari partai tersebut.

Pengumuman pencapresan Ganjar Pranowo disampaikan langsung secara daring oleh Ketua Umum PDIP Prof DR (H.C.) Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor, Jumat (21/4/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi), kader PDIP Prananda Parbowo, Ketua DPR Puan Maharani, Pramono Anung dan Sekjen PDIP Hasto Kristyanto.

Megawati mengatakan, sesuai hasil Kongres PDIP, ia mendapatkan mandat untuk menetapkan capres dan cawapres PDIP.

“Saya gunakan akal budi, matahati dan pikiran. Berdialog dengan tokoh bangsa termasuk dengan Presiden pak Jokowi,” ujar Megawati.

Setelah melalui proses panjang, Megawati resmi menetapkan Ganjar Pranowo sebagai Capres dari PDI Perjuangan.

“Pada Hari Kartini 21 April 2023. Pada jam 13.45, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrohim, saya menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasan sebagai Capres dari PDI Perjuangan,” kata Megawati.

Merujuk pada UU Pemilu yang mengatur soal ambang batas untuk mengusung calon dalam pilpres (Presidential Threshold), PDI Perjuangan satu-satunya partai di parlemen saat ini yang bisa memajukan calonnya sendiri tanpa berkoalisi.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments