Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaDaerahAksi Sawer Ketua DPD Partai Nasdem Usai Pengajuan Bacalegnya, Ketua KPU Garut:...

Aksi Sawer Ketua DPD Partai Nasdem Usai Pengajuan Bacalegnya, Ketua KPU Garut: Secara Etika itu Kurang Etis

Garut, WartaPemilu – Kejadian yang tidak wajar saat Partai Nasdem mendaftarkan bakal calon anggota DPRD (bacaleg) di KPU Garut, dimana ketua DPD Partai Nasdem bersama rombongannya sengaja lakukan saweran uang di halaman kantor KPU Garut, Jawa Barat, saat daftarkan Bakal Calon Anggota DPRD Garut pada Kamis (11/5/2023). 

Ketua KPU Garut Junaidin Basri, S.Ag., M.Pd., membenarkan adanya aksi sawer yang dilakukan pengurus Partai NasDem seusai mengajukan bacaleguntuk Pemilu 2024. Dia mengaku kaget, tidak menduga aksi sawer itu akan dilakukan.

“Kami tak menyangka akan ada aksi sawer apalagi dilakukan di area kantor KPU. Ini membuat kami kaget sehingga kami langsung meminta agar segera dihentikan, begitupun siaran live streaming agar segera diputus,” kata Jun panggilan akrab Ketua KPU Garut saat dikonfirmasi pada Jumat (12/5/2023).

Saat atraksi Nasdem berlangsung, pihaknya mengaku sempat berusaha mengiungatkan untuk menghentikan saweran (bagi-bagi uang) yang dilakukan Bacaleg dan Ketua DPD Nasdem Kabupaten Garut, Jawa Barat di Kantor KPU pasca pendaftaran Bacaleg.

“Itu situasinya hujan, kegiatan itu terjadi setelah proses pendaftaran dan setelah konferensi pers. Secara etika tidak boleh, sudah dikasih kode untuk berhenti (bagi-bagi uang, red), tapi karena hujan jadi tak berhenti. Ya kurang bagus dilihatnya terjadi di lingkungan KPU meski hanya diberikan ke kader,” terangnya.

Dituturkannya, kegiatan sawer itu tidak menyalahi aturan. Namun, sebaiknya hal itu tidak dilakukan apalagi di area kantor KPU yang merupakan lembaga penyelenggara pemilu.

“Lokusnya di halaman/area parkir KPU Garut, peristiwanya terjadi pasca proses pengajuan bakal calon DPRD Kabupaten selesai,” ucapnya.

Jun pun berharap agar kejadian serupa tidak sampai terulang atau dilakukan pengurus serta kader partai lainnya.

“Karena ada atraksi kreasi seni, tiba-tiba ada peristiwa tersebut. Secara kelembagaan kami menyangkan,” ucapnya.

Sementara pihak Partai NasDem sendiri memberikan konfirmasinya. Sekretaris DPP Partai NasDem Garut, Kokon Darmawan mengatakan, kegiatan nyawer dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan kebersamaan dengan para Bacaleg dan kader Partai NasDem yang ikut daftar ke KPU.

Kokon menjelaskan, pihaknya juga memastikan dalam aksi sawer tersebut tidak ada ajakan untuk memilih dan yang lainnya. Kegiatan itu, murni hanya spontanitas semata.(*)

Baca Juga:

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments