Selasa, April 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaNasionalPolisi Petakan 12 Kabupaten Rawan Konflik Pemilu 2024 di Papua, Berikut Ini...

Polisi Petakan 12 Kabupaten Rawan Konflik Pemilu 2024 di Papua, Berikut Ini Daftarnya

Papua, WartaPemilu – Setidaknya terdapat 12 kabupaten yang dipetakan oleh Polda Papua yang masuk dalam kategori rawan konflik selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ke-12 kabupaten yang termasuk dalam daftar kategori rawan konflik tersebut adalah:

  1. Intan Jaya
  2. Dogiyai,
  3. Deiyai,
  4. Puncak,
  5. Nduga,
  6. Lanny Jaya,
  7. Puncak Jaya,
  8. Yahukimo,
  9. Pegunungan Bintang,
  10. Jayawijaya,
  11. Tolikara,
  12. Yalimo.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan perlunya mengurangi penggunaan sistem noken dikarenakan dianggap sebagai pemicu terjadinya konflik yang berpotensi mengakibatkan adanya korban jiwa.

Fakhiri menuturkan, dalam sistem noken, para pelaku politik dapat merebut suara yang tersisa dan hak tersebut menjadi perhatian serius untuk keamanan dan keselamatan masyarakat.

“Karena mereka merebut sisa suara. Para pelaku politik ini ia memasarkan pemilu. Ini kalau bisa one man one vote atau satu orang satu suara“ kata Fakhiri dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (11/7/2023), dikutip dari PMJ News.

Oleh karenanya, Fakhiri menyebutkan bahwa 12 Kabupaten tersebut menjadi lokasi yang diantisipasi Polda Papua agar tidak adanya konflik yang berdampak pada Pemilu 2024.

Sehingga, Fakhiri menambahkan, pihaknya berharap agar penggunaan Sistem ikat Noken dapat dikurangi lantaran dikhawatirkan menjadi pemicu konflik.

“Pemerintah Daerah setempat bersama Komisioner KPU dan Bawaslu untuk dapat mengontrol Daftar Pemilih Tetap, kalau bisa pemilu dilakukan One Man One Vote atau Satu Orang Satu Suara,” tandasnya.***

Red/K-1002

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments