Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaPolitikWacana Duet Ganjar-Anies, PPP: Tetap Perjuangkan Sandiaga Uno sebagai Bakal Cawapres

Wacana Duet Ganjar-Anies, PPP: Tetap Perjuangkan Sandiaga Uno sebagai Bakal Cawapres

Jakarta, WartaPemilu – Wacana duet Ganjar Pranowo-Anies Baswedan yang belakangan muncul ke publik. Terkait hal itu, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengaku belum ada pembicaraan dengan PDI Perjuangan

Mardiono mengatakan, PPP sampai saat ini masih tetap memperjuangkan Sandiaga Uno sebagai bakal Cawapres pendamping Ganjar Pranowo. 

“Sampai sekarang belum ada pembicaraan (duet Ganjar-Anies). Tapi wacana-wacana itu muncul dari pikiran-pikiran para tokoh, ya sah-sah saja,” ujar Mardiono di kawasan Senayan Park, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023). 

Menurut Mardiono, usulan duet Ganjar-Anies sah-sah saja terjadi menjelang tahun politik. Bahkan, kata dia, PPP justru mendorong pikiran-pikiran seperti itu lahir dari para elemen bangsa. 

“Saat ini kan sedang berada dalam tahun politik. Di dalam tahun politik itu memang sebaiknya, di dalam negara demokrasi, setiap anak bangsa, andil untuk memberikan pemikiran-pemikiran politik, tentu ini ada salurannya, pemikiran politik itu harus disampaikan melalui saluran-saluran yang konstitusional,” jelas Mardiono.

“Jadi sah-sah saja, bahkan PPP mendorong agar pikiran-pikiran seperti itu lahir dari semua elemen bangsa, karena bangsa ini akan menghadapi tantangan yang besar tentu,” sambungnya.

Meski begitu, lanjut Mardiono, sampai saat ini PPP tetap konsisten berada dalam satu kerjasama dengan PDIP dan memperjuangkan Sandiaga sebagai cawapres. 

“Jadi sampai sekarang, sekali lagi PPP masih tetap konsisten ya dua arah itu, pertama adalah arah mendukung ke arah bergabung dengan PDIP ya yang sudah kita sepakati. Kemudian yang kedua mendukung mencalonkan Pak Ganjar Pranowo dengan Pak Sandiaga,” tegasnya. 

Namun, Mardiono menekankan, PPP tidak bisa memutuskan siapa calon yang harus menjadi cawapres pendamping Ganjar. Posisi PPP, kata dia, yakni memperjuangkan. 

“Tapi sekali lagi PPP tidak dalam konteks memutuskan, tapi memperjuangkan, menawarkan, yang kita tawarkan itu juga atas kriteria-kriteria bukan karena namanya atau bukan karena personality-nya,” imbuhnya.

Alasan memperjuangkan Sandiaga, tambah Mardiono, karena melihat track record Menparekraf itu layak untuk menjadi pendamping Ganjar. Dia meyakini, Ganjar-Sandiaga adalah pasangan yang produktif.

“Kita tahu Pak Sandi lahir dari lingkungan pendidik. Dalam perjalanannya beliau adalah seorang organisatoris, ketua HIPMI DKI kemudian nasional, artinya piawai organisasi. Kemudian sebagai pengusaha sukses, terakhir Sandiaga memiliki kepribadian yang sangat bagus, tidak ambisius, santun, tidak berpenampilan berlebihan, jadi cakaplah mendampingi Ganjar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno menyerahkan nasib terkait peluang dirinya menjadi cawapres Ganjar Pranowo kepada para pimpinan partai politik, terutama kepada Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Menurut Sandiaga keputisan terkait siapa pendamping Ganjar merupakan ranah para pimpinan. Dirinya hanya mengikuti apa yang nantinya menjadi keputusan bersama.

Sandiaga merujuk pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menegaskan bahwa percaturan terkait koalisi merupakan wewenang parpol dengan ketua umumnya masing-masing.

“Saya ingin menyampaikan apa yang disampaikan bahwa presiden, itu urusannya partai politik. Ini sekarang sudah ada contohnya dari pak presiden, aku ora urus, yang urus itu partai politik, pimpinannya,” ujar Sandiaga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

“Dan karena saya bukan pimpinan partai politik, pimpinannya Pak Mardiono dan Ibu Megawati dan beberapa pimpinan partai politik lain. Ini yan nanti akan diputuskan,” kata Sandiaga.

Sandiaga lantas menanggapi terkait peluang dirinya yang semakin besar untuk mendampingi Ganjar, usai Golkar dan PAN bergabung ke koalisi Gerindra dan PKB. Ia mengakui memang selalu optimis akan peluangnya menjadi Cawapres di Pemilu 2024.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments