Rabu, Mei 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaSurvei PemiluPeta Elektabilitas Terkini Tiga Pasangan Capres Cawapres, Prabowo-Gibran Meroket Tembus 50,5 Persen

Peta Elektabilitas Terkini Tiga Pasangan Capres Cawapres, Prabowo-Gibran Meroket Tembus 50,5 Persen

Jakarta, WartaPemilu – Lembaga survei New Indonesia research & consulting menggelar survei elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada 25-30 November 2023.

Jumlah responden sebanyak 1200 orang mewakili seluruh provinsi.

Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei NEW Indonesia research & consulting, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menembus lebih dari 50 persen, tepatnya 50,5 persen.

Sementara elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD sebesar 26,0 persen dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 15,3 persen.

Sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab 8,2 persen.

“Dengan elektabilitas menembus 50,5 persen, pasangan Prabowo-Gibran diprediksi bakal menang Pilpres dalam satu putaran,” ungkap Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono dalam keterangannya di Jakarta dikutip Sabtu, 9 Desember 2023.

Menurut Andreas, terjadi kenaikan signifikan dalam rentang tiga bulan terakhir untuk pasangan Prabowo.

Pada survei bulan September, elektabilitas Prabowo belum mencapai 40 persen dalam simulasi tiga nama capres.

Setelah dipasangkan dengan Gibran, dukungan terhadap Prabowo meroket. Sebaliknya dengan Ganjar dan Anies, elektabilitasnya melorot kembali ke simulasi banyak nama capres.

“Pemilihan figur cawapres lebih banyak mendongkrak elektabilitas Prabowo alih-alih Ganjar maupun Anies,” tandas Andreas.***

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments