Kamis, Mei 2, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaNasionalRibuan Massa ALDERA Jalan Sehat ke Gedung DPR Peringati 25 Tahun Reformasi

Ribuan Massa ALDERA Jalan Sehat ke Gedung DPR Peringati 25 Tahun Reformasi

“Reformasi mengajarkan tentang pentingnya persatuan dan keragaman dalam menghadapi perubahan”
_Pius Lustrilanang_

Jakarta, WartaPemilu Yayasan Aliansi Demokrasi Rakyat (ALDERA) memperingati 25 tahun reformasi dengan melakukan long march dipusatkan di gedung DPR/MPR, Jakarta.

ALDERA bersama ribuan massa tersebut menggaungkan #KonstitusiHargaMati, #TolakTigaPeriode dan #JagaDemokrasi berkumpul di lapangan bola gedung DPR/MPR pada hari Minggu (21/5/2023) pukul 06.30 WIB.

Jalan Sehat Reformasi dilepas Sekjen Aldera, Pius Lustrilanang ini sekaligus napak tilas peristiwa unjuk rasa terbesar yang dilakukan elemen mahasiswa di gedung DPR/MPR pada 21 Mei 1998 silam.

Peringatan 25 tahun reformasi ini mengambil rute awal dari pintu belakang DPR/MPR, massa Aldera melintasi Jalan Lapangan Tembak menuju Jalan Gerbang Pemuda. Kemudian masuk kembali ke dalam gedung DPR/MPR melalui Jalan Gatot Subroto.

Tokoh ALDERA, aktivis era tahun 1993-1999, Pius Lustrilanang, mengatakan jalan sehat reformasi memanggil ini, untuk merayakan momen yang paling bersejarah, yaitu peringatan 25 tahun reformasi di Indonesia.

“Reformasi telah menjadi tonggak penting dalam sejarah menuju masyarakat yang lebih adil, demokratis dan berkeadilan,” kata Pius.

Dalam peringatan 25 tahun reformasi ini, semua peserta jalan sehat mengenakan pakaian hitam-hitam.

25 tahun yang lalu, tepatnya 21 Mei 1998, lanjut Pius, rakyat Indonesia bersama mahasiswa bersatu dengan tekad yang kuat untuk mengakhiri rezim otoriter yang telah berkuasa selama lebih dari tiga dekade.

“Suara-suara kebebasan, keadilan dan demokrasi bergema di seluruh negeri memicu perubahan yang mendalam dan menandai bangkitnya era baru,” ujar aktivis yang pernah diculik oleh rezim Orde Baru itu.

Pius juga mengingatkan akan pentingnya kebebasan dan hak asasi manusia.

Menurutnya, reformasi menegaskan bahwa suara rakyat adalah kekuatan terbesar yang mampu membentuk nasib bangsa ini.

“Setelah 25 tahun, kita menyadari bahwa demokrasi bukanlah tujuan akhir, tetapi proses yang terus menerus harus dipelihara dan diperkuat,” ucapnya.

Menurut Pius, reformasi juga memberikan tantangan bagi para aktivis untuk memastikan pemerintahan yang jujur dan responsif terhadap kebutuhan rakyat.

“Bahkan reformasi juga mengajarkan tentang pentingnya persatuan dan keragaman dalam menghadapi perubahan,” cetusnya.

Pius menegaskan, reformasi mengajarkan untuk menerima perbedaan dan membangun kesepahaman.

“Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, budaya dan latar belakang yang berbeda. Reformasi mengajarkan kita untuk menerima perbedaan dan membangun kesepahaman bersama untuk persatuan bangsa,” pungkasnya.(*)

Berita tayang juga di Kabariku.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments