Rabu, Mei 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaNasionalSIAGA 98 Dukung Kebijakan Presiden Jokowi Soal Hilirisasi Produk Pertambangan, Lawan Uni...

SIAGA 98 Dukung Kebijakan Presiden Jokowi Soal Hilirisasi Produk Pertambangan, Lawan Uni Eropa dan IMF !

Jakarta, WartaPemilu  – SIAGA 98 mendukung kebijakan Presiden RI, Joko Widodo terkait hilirisasi produk pertambangan.

Dengan kebijakan itu Indonesia saat ini memutuskan tidak lagi melakukan ekspor nikel dalam bahan mentah, melainkan dalam produk jadi bagi kepentingan industri nasional.

“Kebijakan ini menunjukan keputusan ekonomi yang tepat sebagai wujud pengelolaan sumber daya alam bagi kepentingan nasional,” tegas Koordinator SIAGA 98 Hasanuddin, Kamis 13 Juli 2023.

Hasanuddin mengungkapkan, SIAGA 98 mengecam Uni Eropa yang menggugat kebijakan Indonesia ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan IMF atas pernyataannya bahwa Indonesia harus mempertimbangkan penghapusan larangan ekspor nikel karena merugikan Indonesia.

“SIAGA 98 memandang hal ini sebagai bentuk campur tangan kapitalisme global dengan menggunakan WTO dan IMF untuk menekan Indonesia demi kepentingan negaranya dengan mengabaikan kepentingan Negara Indonesia,” jelasnya.

Bahkan menurut Hasanuddin, cara-cara Uni Eropa dan IMF ini sebagai cara yang primitif dan berwatak kolonialis dengan menggunakan instrumen organisasi internasional.

“Kami menyatakan dukungan atas keputusan Presiden Jokowi ini sebab hal ini bagian dari reformasi ekonomi agar Indonesia bisa bersaing dalam perekonomian global dan mengedepankan kepentingan nasional,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, sudah saatnya organisasi internasional merekontruksi model primitifnya dalam mengelola perekonomian global demi keseimbangan, keadilan dan kesetaraan.***

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments