Kamis, Mei 2, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaNasionalDirgahayu Bhayangkara ke-77, PDI Perjuangan: Terima Kasih atas Pengabdian Polri di Pelosok...

Dirgahayu Bhayangkara ke-77, PDI Perjuangan: Terima Kasih atas Pengabdian Polri di Pelosok Negeri

Jakarta, WartaPemilu – HUT Ke-77 Bhayangkara sebagai momentum dari rakyat Indonesia untuk menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel kepolisian yang bertugas di seluruh pelosok negeri.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa peringatan 1 Juli 2023 HUT ke-77 Bhayangkara ini menjadi sebuah momentum bagi kami sebagai bagian dari rakyat Indonesia, untuk menyampaikan terima kasih kepada seluruh personil Kepolisian RI.

“Ibu Ketua Umum Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri bersama seluruh keluarga besar PDI Perjuangan di seluruh Indonesia mengucapkan Dirgahayu Bhayangkara Polri Ke-77,” ujar Hasto dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

Adapun para personel Polisi telah menjalankan tugas serta pengabdian kepada negara lewat tugasnya sehari-hari dalam melayani masyarakat.

Ia mengungkapkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sering bercerita bahwa sejak kecil sudah didampingi oleh Detasemen Kawal Pribadi (DKP) yang personelnya berasal dari kalangan Polri.

“Untuk itu, Presiden Pertama RI Bung Karno selalu mengajarkan Megawati agar menghormati seluruh personel pengawal presiden dengan sebutan ‘kakak’. Pasalnya, personel DKP Polri memiliki kecakapan khusus dalam bela diri, semangat berkorban, serta kemampuan sandi,” kata Hasto.

Hasto mengatakan Megawati dan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan juga mendukung Polri di dalam membangun tertib hukum, budaya hukum, dan mengedepankan upaya penegakan hukum.

Hal ini terutama di bidang-bidang tertentu yang wajib mendapatkan perhatian lebih, seperti memastikan Indonesia bebas narkoba, pemberantasan korupsi, memberantas kejahatan kerah putih (white collar crime), memberantas digital crime.

Selain itu, sambungnya, PDI Perjuangan juga mendukung Kepolisian RI agar lebih teguh dalam menegakkan keadilan hukum khususnya di dalam memastikan pelayanan kepada masyarakat kecil yang menuntut keadilan.

“Kami juga memberikan apresiasi atas upaya Kapolri Bapak Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya dengan berbagai program quick win,” jelasnya.

Dengan adanya program quick win,menurut Hasto, Polri dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui media sosial, optimalisasi pelayanan publik, pengembangan SDM unggul, perbaikan interaksi polisi dan masyarakat di jalan atau area publik.

Kemudian, optimalisasi pemolisian masyarakat, meningkatkan sinergitas TNI-Polri, menerapkan budaya integritas dan antikorupsi, respons problem akut hingga digitalisasi penegakan hukum lalu lintas.

Menurut Hasto, pelaksanaan program ini menjadi sangat penting demi meningkatkan kepercayaan atau trust rakyat terhadap lembaga kenegaraan seperti Polri. Apalagi persatuan bangsa dan negara sangat tergantung pada trust rakyat terhadap institusi negara itu sendiri.

“Semoga berbagai program quick win ini ketika dijalankan di lapangan, menjadi ingatan-ingatan baik yang tersimpan di memori dan sanubari rakyat Indonesia di seluruh pelosok negeri,” pungkasnya.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments