Sabtu, Mei 4, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaKPUJadi Partai Pertama Daftar ke KPU, PKS Daftarkan 580 Caleg di Pemilu...

Jadi Partai Pertama Daftar ke KPU, PKS Daftarkan 580 Caleg di Pemilu 2024

Jakarta, WartaPemilu – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai politik peserta Pemilu 2024 yang pertama mendaftarkan calon anggota legislatif (caleg) DPR-RI. Pendaftaran dilakukan hari ini di kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (8/5/2023).

“Senin tanggal 8 Mei 2023 itu adalah hari ke delapan dan hari ini adalah pertama kali ada partai politik menyerahkan atau mendaftarkan bakal calon DPR-RI ke kantor KPU Pusat yaitu partai PKS,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari.

Dia kembali mengingatkan masih ada waktu bagi partai politik untuk mendaftarkan calon legislatifnya ke KPU.

Pun masa pendaftaran caleg bisa dilakukan mulai 1 Mei hingga 13 Mei dari pukul 08.00 hingga 16.00. Sementara 14 Mei jauh lebih panjang mulai 08.00 hingga pukul 23.59 disesuaikan dengan waktu   masing-masing.

Jadwal itu juga berlaku bagi pengajuan caleg DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD dengan catatan untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota pendaftaran diserahkan pengurus partai ke KPU daerah masing-masing

“Pada pendaftaran bakal calon ini yang diperiksa KPU adalah hanya satu kategori saja yaitu apakah dokumen persayaratan bakal calon sudah lengkap atau belum. Bagi yang belum lengkap bisa dilengkapi sampai batas akhir,” ucap Hasyim.

PKS mendaftarkan 580 orang calon anggota DPR yang akan mengikuti Pemilu 2024 mendatang.

Proses pendaftaran dipimpin Presiden PKS Ahmad Syaikhu, didampingi Bendahara Umum Mahfudz Abdurrahman dan Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy.

Hadir juga calon-calon Anggota DPR RI dari PKS dengan langsung diantar masyarakat dari kalangan pemuda, petani, buruh, komunitas ojol, dan sebagainya.

Pendaftaran PKS nomor urut 8, di tanggal 8, dan hari pendaftaran ke-8 itu Syaikhu sebut sebagai bentuk kesiapan PKS untuk menyongsong kontestasi Pemilu 2024.

Syaikhu juga meminta kepada seluruh jajaran PKS di seluruh Indonesia untuk tetap bekerja keras, menyapa masyarakat sambil memanjatkan doa terbaik kepada Allah SWT.

“Mudah-mudahan Allah memberikan kemenangan kepada PKS pada tahun 2024,” ujar Syaikhu sebelum memimpin doa bersama simpatisan yang hadir di depan gedung KPU.

Setelah menyerahkan berkas pendaftaran secara resmi kepada Ketua KPU, Syaikhu mengungkapkan rasa syukurnya atas kemudahan-kemudahan dalam pemenuhan segala kelengkapan sehingga PKS bisa menjadi partai politik pertama yang mendaftarkan caleg nya.

“Alhamdulillah 100%, dan termasuk juga kelengkapan anggota perempuan dan milenial Alhamdulillah sudah disertakan juga,” ujar Syaikhu.

Syaikhu juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menyongsong pesta demokrasi 2024 ini dengan penuh kebahagiaan, keceriaan, dan lebih bermartabat. Kontestasi yang ada tidak dirusak dengan berita bohong atau hoax yang bisa memecah belah bangsa.

“Oleh karena itu mari kita songsong pesta demokrasi ke depan dengan lebih bermartabat, lebih baik, sehingga Indonesia ke depan Insya allah akan bisa menjadi lebih baik,” tandasnya.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments